Kamis, 19 April 2012

keramik singkawang


Industri kerajinan keramik, Industri ini terpusat berada di Desa Sakok Kecamatan Singkawang Selatan, merupakan kerajinan yang dikerjakan olah masyarakat Tionghoa (Cina), sebagai kerjainan warisan leluhur yang dikerjakan secara turun temurun serta mempunyai nilai seni artistik yang tinggi.


Terdapat berbagai motif antik yang dihasilkan dari produk kerajinan keramik ini dari yang bermotif tumbuh-tumbuhan seperti “motif bunga mawar, motif bunga jampa, motif bunga meihoa” hingga ke motif “naga, motif delapan Dewa, naga sembilan, dan lain-lain yang kesemuanya mencirikan tradisi masyarakat Tionghoa (Cina).

Dalam pengerjaannyapun sepenuhnya masih menggunakan cara-cara tradisional dengan pemanggangan menggunakan alat yang disebut “Tungku Naga”. Konon tungku naga ini merupakan satu-satunya yang masih digunakan dari seluruh proses pengerjaan pembuatan keramik jenis ini yang terdapat diseluruh dunia.

2 komentar:

  1. Slots with Slot Machines - Jeopardy! Casino & Slots Game
    Slots are a great way to have fun 경상북도 출장샵 with online slot machine 수원 출장안마 games online. You 과천 출장샵 can bet your 경산 출장안마 favorite slot machines, 양산 출장안마

    BalasHapus